BOOKING TIKET PESAWAT

anggota dewan

anggota dewan. Info sangat penting tentang anggota dewan. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai anggota dewan

"Saat musim kampanye aja mereka sudah mengeluarkan modal banyak. Kalau sudah duduk jadi anggota dewan terpaksa korupsi lagi", ujar seorang ibu ketika mendadak diwawancara di jalan oleh reporter sebuah stasiun tv swasta. Mungkin ibu itu pas lagi pergi ke warung untuk belanja. Saya ndak tau, itu ucapan spontan dari si ibu atau skenario yang sudah disiapkan crew tv itu.
Seorang ibu yang lain bilang, "Kita serahkan saja pada Tuhan, biar Tuhan yang membalas perbuatan mereka". Masih di chanel tv yang sama, dan mereka semua dianggap mewakili suara rakyat kecil. Komunitas yang paling potensial untung menangguk suara saat pemilu.

Saya yakin banyak adegan yang sama atau mirip seperti itu yang menjadi komoditas tayangan chanel tv yang lain. Seolah orang banyak sudah punya bayangan yang sama, usaha untuk bisa duduk sebagai wakil rakyat pasti hanya untuk satu tujuan, korupsi. Dan kita tanpa sadar sudah mengamini itu sebagai suatu kondisi yang wajar. Saat orang masuk dan menjadi bagian dari kekuasaan, minimal sudah menjadi golongan elite tertentu di negeri ini, adalah wajar jika kita jadi salah menggunakan kekuasaan atau pengaruh yang kita pegang. Bagaimana pun kita ini cuma manusia biasa.

Dalam sebuah obrolan, seorang teman berkata, "Kita ndak bisa menyalahkan mereka (maksudnya para pelaku serangan fajar atau sejenisnya itu). Suara kita sudah dibeli, kita sudah terima uangnya. Jadi, ndak salah kalau mereka ndak menepati janji waktu kampanye. Mereka beli suara, bukan jual janji". Kami hanya bisa tertawa getir mendengar logika pahit seperti itu. Hanya bisa berdoa, mudah-mudahan yang seperti itu ndak jadi keterusan.

Ndak milih, salah. Tetap ikut milih, jadi khawatir suara yang diberikan jatuh ke tangan orang yang ndak bertanggung jawab. Tapi bagaimana pun saya tetap ikut memilih, sambil melafazkan doa seperti yang diucapkan oleh ibu yang diwawancarai reporter tv tadi, "Kita serahkan saja pada Tuhan, biar Tuhan yang membalas perbuatan mereka". Baik saat mereka masih di dunia maupun setelah berada di akhirat.
"Mudah-mudahan caleg yang baik, jujur, lurus hati, beriman, dan penuh pengabdian pada rakyat, jumlahnya lebih banyak lagi".

Sumber : johansite.com


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger